You are currently viewing Ini Dia Wisata Alam di Bondowoso Yang Wajib Sobat Kunjungi

Ini Dia Wisata Alam di Bondowoso Yang Wajib Sobat Kunjungi

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki destinasi wisata yang beragam. Bondowoso juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk kalian kunjungi, lho. Walaupun, disini kalian tidak akan mendapatkan wisata pantai, namun terdapat pesona alam berupa pegunungan dan air terjun yang tak kalah cantik.

Buat kalian yang suka mendaki gunung, kami sarankan wajib datang ke Bondowoso. Mau tahu alasannya? Siman penjelasan beberapa tempat wisata yang ada di Bondowoso berikut ini, ya!

Wisata Alam di Bondowoso

#1 Kawah Ijen

Kawah ijen menjadi wisata terpopuler yang ada di Bondowoso. Disini kalian akan melihat kawah gunung ijen yang masih aktif. Pemandangan ini berada di ketinggian 2.443 mdpl, dan dikelilingi oleh dinding kaldera setinggi 300-500m.

Untuk bisa sampai ke puncak, kalian harus melewati jalur pendakian sepanjang 3KM yang ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Pendakian ke kawah ini cukup sulit karena memiliki akses jalan yang cukup terjal. Namun, kalian dapat menikmati keindahan apabila bisa mencapai bibir kawah.

Diperlukan panduan dari tour guide dan pakaian hangat Ketika hendak mengunjungi wisata ini. Wisata ini bisa kalian kunjungi kapan saja. Biaya tiket masuknyapun tergolong murah, hanya Rp. 5000 di hari kerja dan Rp. 7500 di akhir pekan.

#2 Situs Megalitikum Bondowoso

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Bondowoso. Disini, kalian bisa melihat Sarkofagus dan Dolmen peninggalan zaman batu besar. Lokasinya situs megalitikum ini di Desa Gliseran, kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.

#3 Air Terjun Belerang

Air terjun ini memiliki kandungan berelang di dalam airnya yang mengalir. Zat belerang ini berasal dari Kawah Ijen. Banyak wisatawan yang datang ke wisata ini karena keunikkannya. Wisata ini cocok banget buat kalian yang suka bertualang.

Memang jalanannya menantang, namun akan memuahkan hasil yakni pemandangan air terjun yang indah. Lokasi wisata ini berada di Kalianyar, kec Sempol, Kab. Bondowoso.

#4 Air Terjun Blawan

Bondowoso ada air terjun yang bagus banget, lho. Namanya air terjun Blawan yang memiliki aliran air 52 meter. Air terjun ini terletak di Desa Kalianyar, Kec. Sempol.

Wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Banyak sekali wisatan yang berkunjung ke tempat ini. Kondisi wisata ini terjaga dengan baik, airnya pun masih jernih dan bersih.Wisata ini dibuka untuk umum dari pagi hari hingga petang.

#5 Air Terjun Tancak Kembar

Air terjun ini merupakan air terjun yang tinggi dan memiliki aliran air yang stabil. Air terjun ini diberi nama Tancak Kembar karena aliran airnya yang terbagi 2 dengan ukuran yang nyaris sama. Tinggi aliran air terjun ini adalah 77 meter dan 50 meter, dan ketinggiannya 900 meter di atas permukaan laut.

Airnya yang jernih dan tempatnya yang bersih sangat cocok banget untuk berrefresing. Air terjun ini berada di desa Andungsari, Kec.Pakem, Kab. Bondowoso.

Gimana, sudah tahu alasannya, kan? Nah, buat kalian yang tertarik datang berlibur ke Bondowoso, artikel ini bisa kalian jadikan referensi tempat yang akan kalian kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply